Rabu, 11 Januari 2012

teknologi modern bagi remaja

Teknologi Modern Bagi Remaja

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknologi modern dan pengaruh serta dampak yang ditimbulkannya bagi remaja, alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertian dari teknologi modern itu sendiri. Teknologi modern adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Pengertian lain teknologi modern adalah karya manusia yang diciptakan untuk mendukung kehidupan manusia dan mengingkatkan kesejahteraan manusia.

Teknologi modern sudah menjadi nadi kehidupan yang terus berjalan, mengalir, dan berkembang sedemikian cepat sehingga seluruh sendi kehidupan manusia modern telah tergantung kepadanya. Dengan teknologi modern manusia semakin mudah dan cepat dalam memenuhi kebutuhannya. Namun disisi lain teknologi yang minim landasan nilai, telah melahirkan banyak krisis. Berbagai krisis seperti krisis ekonomi, krisis kemanusiaan, krisis moral, krisis ketakwaan, krisis lingkungan, dan berbagai krisis lainnya semakin akrab dalam kehidupan manusia.

Seperti kita ketahui bersama bahwasannya teknologi yang ada saat ini dikatakan modern dan memiliki banyak kemajuan dibanding dengan teknologi yang telah ada beberapa abad yang lalu. Yang menjadi pertanyaan  adalah apakah kemajuan teknologi modern tersebut memberi dampak positif pada manusia khususnya remaja atau justru menggiring manusia pada kehancuran?

Manusia memiliki dua peran yang harus dilakoni dalam kehidupan ini, yaitu manusia sebagai makhluk individu dan manusia sebagai makhluk sosial. Sebagai seorang individu manusia memilikki sifat egois, ambisius, dan tidak pernah puas. Sedangkan dalam peranannya sebagai makhluk sosial, mereka dituntut untuk bisa berbagi dan saling tolong menolong.

Dari kedua sifat yang saling bertolak belakang itulah muncul teknologi yang modern. Singkat kata tekonogi juga memiliki dua sifat yang berbeda, yaitu positif dan negatif. Kedua dampak tersebut pasti berjalan beriringan seiring dengan teknologi yang dihasilkan manusia. Dampak atau pengaruh positif bagi remaja yaitu barang-barang teknologi yang dibuat manusia dalam abad yang modern, dewasa ini menyusup kedalam hampir semua jenis hampir semua jenis kegiatan masyarakat. Misalnya, dalam kegiatan pengajaran kini ada yang disebut dengan teknologi pengajaran, yaitu berupa perlengkapan - perlengkapan audio-visual untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif, seperti layer dengan proyektor. Bisa juga rekaman kaset untuk belajar bahasa asing dengan menirukan logat orang asing yang sesungguh- nya.

Namun karena akhir-akhir ini banyak yang lebih mementingkan invidualisme daripada sosial kemasyarakatan, maka teknologi modern yang dihasilkanpun cenderung kepada sifat yang negatif. Banyak kerugian yang ditimbulkan daripada keuntungannya. Sebagai contoh penerapan teknologi nuklir yang diselewengkan menjadi senjata pemusnah masal dan pengerukan sumber daya alam secara berlebihan yang berdampak pada hilangnya keseimbangan ekosistem bumi. Kedua contoh tersebut merupakan dampak negatif yang muncul akibat sifat egois, ambisius, dan tak pernah puasnya manusia dalam kehidupannya.

Sebaiknya, kita sebagai remaja dan penerus bangsa jangan mau dininabobokan dan terlena dalam kecanggihan teknologi modern

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management