Rabu, 11 Januari 2012

TEKNOLOGI PRODUKSI MODERN DAN CANGGIH



menggunakan mesin produksi dan teknologi modern m-tec Jerman, yang dioperasikan dengan komputer terintegrasi untuk menghasilkan rangkaian produk semen instan berkualitas. Pengolah semen instan terbaik di dunia ini merupakan andalan MU dalam melakukan proses pengolahan pasir pilihan, semen, filler dan aditif sehingga menghasilkan semen instan MU yang homogen dan konsisten, serta mengacu pada standar internasional.
Proses produksi semen instan MU:

1. Kontrol Kualitas Bahan Baku
Bahan baku berupa pasir pilihan, semen, filler dan aditif diuji melalui pemeriksaan kualitas bahan baku dalam laboratorium internal. Bahan baku yang telah memenuhi persyaratan kemudian diolah ke tahap produksi selanjutnya.
Stok pasir pilihanTes pasir di laboratorium

2. Pengkondisian Pasir
Bahan baku pasir pilihan diolah melalui proses awal yaitu proses pengkondisian. Pasir dipanaskan dalam mesin dryer, kemudian didinginkan dalam mesin cooler hingga memenuhi persyaratan kelembaban dan bebas dari kandungan air serta kotoran.
Mesin pengering dan pendingin pasir

3. Pemisahan Gradasi Pasir
Pasir diangkat dengan bucket elevator menuju menara produksi setinggi 45 meter untuk proses pemisahan ukuran (gradasi) dengan mesin pengayak (sieving machine). Setelah terbagi menjadi 3 ukuran berbeda (halus, sedang dan kasar), pasir kemudian dimasukkan kedalam tabung-tabung (silo) penampungan pasir.
Bucket elevator
Mesin pengayak
(sieving machine)

4. Penakaran Komposisi Bahan
Komposisi dan formulasi bahan diatur dengan mesin scale atau mesin timbang yang dikendalikan oleh komputer, sehingga ketepatannya akurat dan kualitas produk yang dihasilkan senantiasa konsisten dari sak pertama hingga sak terakhir.
Mesin timbang (scale machine)Pengendalian dengan sistem komputer

5. Pencampuran dan Pengadukan Bahan
Bahan baku yang sudah ditimbang kemudian masuk ke dalam mixeratau mesin pengaduk. Dengan teknologi mixer terbaik serta kapasitas dan waktu yang singkat, mixer mengaduk semua bahan secara merata sehingga menghasilkan adukan semen instan MU yang homogen dan konsisten pada setiap pengadukan.
Pencampuran dan pengadukan denganmixer

6. Kontrol Kualitas Produk Jadi
Hasil produk jadi selalu dijaga melalui pemeriksaan kualitas produk jadi yang dilakukan pada laboratorium internal. Produk yang telah memenuhi persyaratan produksi kemudian masuk ke dalam mesin pengemas.
Test tekanTest laboratorium

7. Pengemasan Produk
Pengemasan produk dilakukan oleh mesin pengemas dengan timbangan komputer yang akurat, dalam bentuk kemasan kantong (sak) dan bentuk curah (silo 20 ton).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management